Subscribe Channel Youtube Beda Tube

I. TINJAUAN PUSTAKA

Tumbuan dikotil adalah tumbuhan yang bijinya berkeping dua. Contoh tumbuhan dikotil adalah mangga, pepaya, cempedak, sirih, dan belimbing. Tumbuhan dikotil ini mempunyai ciri-ciri memiliki akar tunggang, batang berkayu, dan biasanya berwarna coklat, dan susunan daunnya menjari atau menyirip (Tim Sains Quadra, 2006).

Pada tumbuhan dikotil batang terdiri atas kayu dan kulit yang dapat dipisahkan. Diantara keduanya terdapat lapisan kambium. Kambium tersusun dari sel-sel yang selalu membelah, seperti meristem pucuk. Letak kambium dibagian tepi batang sehingga jaringan meristem itu disebut meristem lateral. Daerah ujung batang merupakan pusat pertumbuhan karena sel-sel penyusun jaringannya selalu membelah yang disebut meristem pucuk (Tim Ipa, 2006). 
Tumbuhan berbiji tertutup memiliki ciri mempunyai bunga yang sesungguhnya (lengkap ), daun pipih dan lebar, bakal biji tidak nampak karena terlindung oleh daun buah atau putiknya, mengalami pembuahan ganda, berdasarkan keping bijinya digolngkan menjadi dua yakni tumbuhan berkeping satu ( monocotyledoneae ) dan tumbuhan berkeping ganda ( Dycotyledoneae ). Ciri dikotil, yaitu (1) tulang daun beranekaragam, menjari, menyirip (2) batang berkambium (3) akar tunggang (4) bagian-bagian .....

File lengkap klik di sini

Special thanks to Urip S.P




Post a Comment

 
Top