Subscribe Channel Youtube Beda Tube

Halo friends! Tahukah kamu bahwa saat ini hampir tidak ada orang yang bebas utang! Hampir semua orang memiliki utang, entah untuk biaya sekolah anak, membeli mobil, memperbaiki rumah, modal usaha, dan berbagai alasan umum lainnya. Gimana dengan kamu? Alasan kamu minjem apaan? 

Menurut sebuah situs perencanaan keuangan, meminjam uang sebenarnya tak akan menjadi masalah selama tau bagaimana cara yang cerdas untuk melakukannya. Mau tau caranya? Simak yuk penjelasannya.. 

1. Meminjam dari Bank atau institusi keuangan
Jika pinjaman berasal dari Bank atau insitusi keuangan, maka bandingkan produk untuk memperoleh penawaran yang terbaik. Pilih yang bunganya terendah dan proses yang termudah. Oh ya, jangan meminjam lebih dari yang dibutuhkan, karena bunga pinjaman jauh jauh jauh lebih besar dari bunga tabungan.

2. Meminjam dari perusahaan Kartu Kredit 
Jika kamu meminjam dari perusahaan kartu kredit, maka pastikan kamu yakin dapat membayar utang tersebut dalam waktu singkat. Ingat, bunga kartu kredit berlaku bulanan, dan tidak tahunan. Semakin lama dilunasi, semakin besar bunganya! Jangan pernah juga menganggap limit kartu kredit sebagai uang milik Anda.

3. Meminjam dari keluarga/temen 
Jika pinjaman berasal dari keluarga atau teman, maka buatlah surat tertulis mengenai poin2 penting, seperti nominal dan jangka waktu. Oh ya, kalo minjem sama temen/keluarga kan ga pake bunga, jadi jangan mangkir yaaa... Hal itu akan menjaga hubungan tetap harmonis.

4. Meminjam dari pegadaian 
Cara ini sebaiknya opsi terakhir sih ketika ingin meminjam uang. Soalnya kamu harus bersedia kehilangan barang jaminan ketika tidak bisa membayar kembali pinjaman tersebut. Pastikan juga rumah pegadaian tersebut resmi dan bukan sembarang tempat yang tidak Anda kenal.
Bagaimana?! Sudah cukup jelas kan bagaimana cara yang cerdas jika ingin meminjam uang?

 
Top