Subscribe Channel Youtube Beda Tube
Dampak Positif :

Pengolahan lahan yang luas membuat para petani memerlukan waktu yang lama tanpa adanya teknologi. Orang dapat menghabiskan waktu 1 hari dalam mengolah lahan pertanian seluas 3 hetar. Namun dengan adanya teknologi petani akan lebih mudah dan cepat dalam mengolah lahan mereka. Contohnya saja dengan mengunakan mesin traktor. Dulu belum ada mesin traktor yang ada hanyalah mereka menggunakan bantuan hewan seperti kerbau dan sapi untuk menarik garu atau yang lebih sederhana lagi hanya menggunakan cangkul. Itulah yang membuat mereka lama dalam mengolah lahan mereka. Selain dari segi waktu yang pastinya lebih hemat penggunaan teknologi juga hasil yang diperoleh oleh petani lebih beragam produk dan lebih melimpah. Dulu petani biasa menanam jagung biasa, sekarang dengan cara pengawinan tanaman (jagung) dapat menghasilkan jagung hibrida yang lebih banyak hasil dan lebih menarik bentuk fisik dari jagung tersebut. Dan masih banyak lagi tentunya keuntungan-keuntugan dari penggunaan tekologi.

Alat Pengolah Tanah Pertanian

Dampak Negatif :

Mekanisasi sangat perlu dilakukan tetapi mekanisasi juga memiliki dampak negatif yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Tekanan terhadap tanah yang dihasilkan oleh traktor dan perlengkapannya dapat menyebabkan pemadatan yang signifikan terhadap lapisan tanah dan juga menghambat pertumbuhan tanaman). Hal ini terkait dengan fungsi lahan dan tanah sebagai media tumbuh, penyedia unsur hara dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Pemadatan tanah terjadi karena ketika traktor melakukan pengolahan maka lintasan dari traktor akan memadatkan tanah yang dilaluinya. Pemadatan tanah akan mempengaruhi sifat kimia, fisik dan biologi tanah, sehingga menjadi penyebab utama degradasi tanah pertanian. Terpengaruhnya faktor-faktor tersebut akan berdampak negatif seperti terjadinya perubahan porositas tanah, ketersediaan air, laju infiltrasi serta ketersediaan unsur hara dan nutrisi bagi tumbuhan. Akibat yang dapat dirasakan secara langsung adalah menurunnya pertumbuhan vegetatif tanaman, menghambat penetrasi akar tanaman, membatasi pergerakan air dan udara dalam tanah sehingga akan menurunkan produksi tanaman. Dari penjelasan tersebut dapat diambil beberapa hal yaitu pemadatan tanah berbanding lurus dengan bertambah besarnya peralatan mekanisasi. Karena hal ini sangat merugikan, maka perlu strategi yang dapat mengurangi dampak negatifnya.

Kesimpulan

Dari yang telah dituliskan dapat diambil kesimpulan bahwa efek pemadatan dalam pengolahan tanah menggunakan mesin traktor tidak dapat dihilangkan, tetapi pemadatan dapat dikurangi dengan beberapa cara sederhana. Salah satunya yaitu melakukan pengaturan tekanan yang cocok dengan kondisi lapangan dan pengaturan ini meiliki batas atas tekanan maksimum dan batas bawah tekanan minimum. Dengan melakukan pengaturan ini maka kerusakan tanah akibat pengolahan dapat dikurangi serta stabilitas tanah tidak terlalu terganggu. Untuk jangka panjang diperlukan penemuan-penemuan yang dapat membantu kemajuan dibidang mekanisasi pertanian, baik menggunakan peralatan yang telah tersedia ataupun inovasi dan kreativitas hal baru yang lebih baik.

Post a Comment

 
Top