Subscribe Channel Youtube Beda Tube
Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia” melalui efek rumah kaca.

Pemanasan global merupakan peningkatan secara gradual dari suhu permukaan bumi yang sebagian disebabkan oleh emisi dari zat-zat penecmar seperti karbondioksida (CO2), metan (CH4) dan oksida nitrat (N2O), serta bertanggungjawab terhadap perubahan dalam pola cuaca global. Karbondioksida dan zat pencemar lanilla berkumpul di atmosfer membentuk lapisan yang tebal menghalangi panas matahari dan menyebabkan pemanasan planet dengan efek gas rumah kaca. Pemanasan global merupakan fenomena yang kompleks, dan dampak sepenuhnya sangat sulit diprediksi.

Efek rumah kaca

Pemanasan global merupakan salah satu masalah penting yang dialami secara universal oleh seluruh negara. Keterkaitannya dengan kelangsungan hidup manusia sangat erat sehingga efek dari pemanasan global tersebut sangat mempengaruhi aktivitas manusia dalam sehari-hari maupun dalam jangka waktu yang lama. Memburuknya pemanasan global menimbulkan kekhawatiran yang cukup tinggi baik bagi pemerintah maupun warga negaranya. Pemerintah sebagai pelaksana kegiatan bernegara mempunyai tanggung jawab memberikan hak warga negaranya mendapat perlindungan terhadap keberlangsungan hidupnya, serta sebagai entitas hukum internasional dimana

File lengkap klik di sini

Post a Comment

 
Top