Subscribe Channel Youtube Beda Tube
BAB I. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Sumber daya alam merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan ini. Karena, tanpa ada sumber daya alam kita mustahil untuk dapat hidup di dunia ini, misalnya untuk makan maka kita mengambil makanan tersebut dari alam,untuk membangun rumah kita menggunakan kayu,kayu tersebut juga berasal dari sumber daya alam dan masih banyak yang lainnya. Pokoknya semua kegiatan di bumi ini pasti tidak terlepas dari sumber daya alam. Di Indonesia ini terdapat berbagai macam sumber daya alam yang melimpah, namun kita sepertinya tidak memanfaatkan sumber daya alam tersebut dengan baik dan juga tidak bijaksana dalam menggunakannya. Mengingat begitu pentingnya manfaat sumber daya alam ter sebut maka kita seharusnya melakukan konservasi atau melestarikan sumber daya alam tersebut untuk kelangsungan hidup kita. 

Nilai guna atau manfaat suatu sumberdaya tergantung pada berbagai konteks ekonomi, politik, dan budaya. Mari kita pahami bagaimana sumberdaya ada/muncul, digunakan/dimanfaatkan, bahkan diperebutkan pada akhirnya. Cara pandang manusia terhadap sumberdaya alam sangat mempengaruhi kesadaran lingkungan dan cara kelola umberdaya alam yang dilakukannya. Kesadaran lingkungan merupakan suatu proses mental yang membentuk pengertian tertentu atas sumberdaya alam dan lingkungan sekitar kita. Setidaknya ada lima faktor yang mempengaruhi penggunaan sumberdaya alam oleh manusia. Kelima faktor tersebut adalah kondisi atau latar belakang budaya, cara pandang terhadap sumberdaya alam, kondisi sosial, kelangkaan, serta faktor ekonomi dan teknologi.

2. Rumusan Masalah 

1. Apa pengertian Konservasi?

2. Apa Jenis-jenis sumber daya alam?

3. Bagaiman prinsip-prinsip etika biologi konservasi?

4. Mengapa sumber daya alam di konservasikan ? 

5. Penerapan konservasi Sumber daya alam hayati

6. Bagaiman upaya untuk melakukan konservasi sumber daya alam? 

7. Apa saja kendala dalam melakukan konservasi?

8. Konservasi sebagai investasi

9. Sumber daya alam dan pembangunan ekonomi

10. Pengoelolaan sumber daya alam

11. Apa saja contoh konservasi sumber daya alam di Indonesia?

3. Tujuan

Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui segala sesuatu hal yang berhubungan dengan masalah konservasi

File lengkap klik di sini

Password di sini


Post a Comment

 
Top