Subscribe Channel Youtube Beda Tube


A. Pengertian Pengorganisasian (organizing)

Pengorganisasian dalam manajemen (organizing) memiliki dua arti istilah umum. Pertama mengacu pada suatu lembaga (institution) atau kelompok fungsional, seperti pada perusahaan, badan pemerintah, rumah sakit atau suatu perkumpulan olahraga. Arti kedua mengacu pada proses pengorganisasian.

Menurut Stoner 1996 pengorganisasian (organizing) merupakan suatu cara pengaturan pekerjaan dan pengalokasian pekerjaan diantara para anggota organisasi sehingga tujuan organisasi dapat dicapai secara efisien. Sedangkan menurut T Hani Handoko (1999) pengorganisasian adalah proses penyusunan struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan organisasi, sumber daya yang dimiliki, dan lingkungan yang melingkupinya.

Jadi, fungsi pengorganisasian (organizing) dapat didefinisikan sebagai proses menciptakan hubungan-hubungan antara fungsi-fungsi, personalia dan faktor fisik agar kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan bersama.

Dengan kata lain, fungsi organisasi ini merupakan proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan yang didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua

File lengkap klik di sini

Post a Comment

 
Top