Subscribe Channel Youtube Beda Tube

1. SM010

SM010 adalah alat ukur kadar air bijian model tuang yang dipakai untuk mengukur kadar air jagung, gabah, beras, kedelai, biji wijen, biji kapas, bungkil kedelai, cengkeh dan lain-lain.Cocok dipakai dalam industri pertanian, perkebunan, peternakan dan perdagangan biji-bijian. Cara pemakaiannya sangat mudah..hanya dengan menuangkan kra-kira 200 gram sampel bijian ke dalam alat akan langsung keluar hasil pengukurannya secara digital, banyak dipakai sebagai alternatif pengganti dari alat ukur Kett PM410 yang harganya lebih tinggi.



Biasa mengukur kadar air rata-rata sampel bijian yang kita masukkan serta otomatis tertera berat sampel bijian, sehingga berat sampel yang akan diukur bisa seragam dan menghasilkan hasil pengukuran yang tidak akan berselisih jauh.Hasil pengukuran kadar air biji-bijian sama jika dibandingkan dengan hasil pengukuran kadar air bijian memakai Kett-PM410.Harga yang lebih ekonomis dari Kett-PM 410, bisa menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan alat ukur kadar air seri SM010 ini.

Spesifikasi Alat:

Ø Akurasi : ≤±0.5% (main moisture range) 

Ø Simpangan : ≤0.2% 

Ø Range kadar air : 3%~35% 

Ø Waktu pengukuran : ≤10 detik 

Ø Range temperatur : 0~40℃ 

Ø Berat netto : 830g 

Ø Sumber daya : Empat buah baterai AA ( 1.5V) 

Ø Adaptor 9V DC 

Ø Display : LCD dengan lampu

Jenis biji-bijian yang bisa diukur : 

Ø Gabah 

Ø Kedelai 

Ø Beras 

Ø Jagung 

Ø Gandum 

Ø Kacang tanah 


2.SM1701B / MC7825g

Alat ukur kadar air / tester kadar air / seri SM1701B / mc7825g mempunyai garpu sepanjang 30 cm yang dihubungkan dengan handheld yang lebih ramping dan modern, layar LCD akan menampilkan kadar air biji2an yang akan kita ukur kadar air nya. Jenis bijian yang dapat diukur kadar airnya yaitu jagung, gabah, beras, gandum, kopi, kedelai, biji bunga matahari, coklat/ kakao , tepung terigu, tapioka, sorgum dan lain-lain.


Alat ukur kadar air ini sangat mudah dalam pemakaiannya, hanya dengan menusukkan garpu ke karung atau tumpukan bijian maka kadar air akan langsung terlihat di layar, tidak perlu membuka karung maupun menurunkan karung dari atas truk dan hanya memakai 4 buah baterai kecil untuk menjalankannya, harga yang lebih hemat dibandingkan produk alat ukur kadar air lain serta fungsinya yang sangat penting akan memberikan penurunan biaya yang besar dibandingkan jika tidak memakai alat ukur kadar air ini, sangat sesuai jika anda mempunyai usaha perdagangan jagung, gabah, beras, kakao dan biji2an lainnya.

Harga alat ukur kadar air seri SM1701B tidaklah terlalu mahal jika dibandingkan dengan kerugian yang mungkin akan dialami jika bijian yang kita beli ternyata kualitasnya tidak seperti yang kita harapkan. 

Spesifikasi Alat :

Ø Display 4 digit LCD 

Ø Range Kadar Air : 6-30% tergantung jenis bijiannya 

Ø Akurasi : 0, 5% s/ d 1% 

Ø PC interface: USB/ RS232C ( optional) 

Ø Sumber daya : 4 x 1, 5 AAA Baterai 

Dimensi Alat : 

Ø Unit 165x62x26 mm 

Ø Garpu 368x44x25 mm 

Ø Berat 320 grm ( Unit + garpu )

Jenis bijian yang dapat di ukur : 

Ø Gandum > > 7 – 30 % 

Ø Padi/ gabah > > 7 – 29 % 

Ø Beras > > 7 – 29 % 

Ø Jagung pipilan > > 7 – 27 % 

Ø Jagung giling > > 7 – 26 % 

Ø Kedelai > > 6 – 28 % 

Ø Biji Kopi > > 7 – 31 % 

Ø Kopi giling/ bubuk > > 7 – 26 % 


3. Alat Pengukur Kadar Air Bijian Model Tusuk TK-25G 

Alat pengukur Kadar Air Bijian TK-25G merupakan alat tester kadar air bijian model tusuk dari seri TK-100 Series yang didesain khusus untuk digunakan dalam pengukuran kadar air pada biji bijian. Grain Moisture Meter TK25G ini digunakan untuk pengukuran cepat dan akurat kelembaban dalam proses pengumpulan, pengeringan, penyimpanan, dan pengemasan biji-bijian seperti Barley, Jagung, Oats, rapeseed, Beras Kasar, Sorghum, Kedelai, Gandum dll. Alat pengukur kadar air bijian ini memiliki bentuk sensore probe garpu panjang sepesti yang dimiliki oleh alat pengukur kadar air bijian MC-7825G. Yang membedakan antara MC-7825G dengan TK-25G adalah, pada MC-7825G sensornya terpisah dari alat utamanya sedangkan pada TK-25G, sensor probe dan alat utama sudah terintegrasi jadi satu..



Alat Pengukur Kadar Air Bijian TK-25G ini mampu melakukan pengukuran kadar air pada biji bijian mulai dari range 7% sampai dengan 28% alat ini mampu bekerja pada temperature lingkungan antara 0 sampai dengan 60oC dengan humidity 5% sampai dengan 90% RH, alat test kadar air ini menggunakan metode resistensi elektrik dalam pengukuran kadar air dengan resolusi pengukuran 0.1 dan tingkat akurasi ± 0.5%n, selain itu, alat ini juga sudah memiliki fitur ATC ( Automatic Temperatur Compensation ).

Spesifikasi Teknis Alat Pengukur Kadar Air Bijian TK-25G : 

Ø Rentang pengukuran : 7%-28%.

Ø Display : Digital LCD 4 Digit.

Ø Temperature Operasional : 0 – 60oC.

Ø Humidity Operasional : 5% – 90%.

Ø Resolusi pengukuran : 0.1.

Ø Tingkat akurasi : ± 0.5%n.

Ø Metode pengukuran : Electrical Resistance Method, Automatic temperature Compensation.

Ø Power supply: 4×1.5 AAA size (UM-4) battery.

Ø Dimensi alat : 460mm × 75mm × 35mm.

Ø Berat alat : 203 g ( belum termasuk baterai ).


4. Wile 55 -Finland

Wile 55 adalah alat ukur kadar air portabel yg sangat ringan.Dapat mengukur kadar air 8 .. 35% dan kadar Minyak dalam Biji2an 5 .. 25% . Pemakai alat ini dapat menyesuaikan kalibrasi dengan mencocokkan hasil layar dengan hasil lainnya. Mempunyai sensor suhu internal yang akan langsung muncul di layar LCD.Wile 55 dirancang dengan pra-dikalibrasi untuk 16 jenis tanaman . Pemakaian yg sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik dan tidak perlu melakukan proses press/ penggilingan pada sampel bijian.



Spesifikasi Alat : 

Ø Bijian & benih : 8 – 35 % 

Ø Oil seeds : 5 – 25 % 

Parameter : 

Ø Gandum 

Ø Biji Bunga Matahari 

Ø Gandum utuh 

Ø Kacang Tanah 

Ø Beras 

Ø Jewawut 

Ø Gabah 

Ø Kacang Hijau 

Ø Jagung 7-21 % 

Ø Jagung 15-40 % 



 
Top