Subscribe Channel Youtube Beda Tube

I. TINJAUAN PUSTAKA

Sel merupakan unit struktural dan fungsional dalam kehidupan. Berdasarkan strukturnya, sel dibedakan atas sel eukariotik dan sel prokariotik. Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti sedangkan sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti (Sugiarti, 2006).

Pada sel hewan, bentuknya tidak tetap karena tidak memiliki dinding sel. Sehingga membrane sel dapat bergerak dengan bebas. Pada sel tumbuhan, bentuknya tetap karena memiliki dinding sel, sehingga gerakan membran sel terbatas. Sel bisa berbentuk batang (basil),bulat (coclus), oval dan spiral (Aninymous, 2010).

Sel merupakan satuan terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Sel pertama kali ditemukan oleh robert hooke pada tahun 1665. Ukuran sel sangat kecil sehingga untuk melihatnya harus digunakan alat yang sisebut miroskop (Sumarwan, 1994). Semua makhluk hidup tersusun dari unit dasar yang disebut sel. Misalnya tubuh manusia terdiri dari 50 juta sel. Semua sel mempunyai fungsi khusus. Semua sel tumbuhan dan sel hewan mempunyai membran sel, sitoplasma ....

File lengkap klik di sini

Special thanks to Urip S.P



Post a Comment

 
Top