Subscribe Channel Youtube Beda Tube

I. TINJAUAN PUSTAKA
Membran sel adalah membran pembatas luar yang ukurannya sangat tipis hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Membran sel ini berguna sebagai interfase antara mesin-mesin dibagian dalam sel dan fluida cair yang membasahi semua sel. Setiap membran tebalnya sekitar 10 nm. Membran terdiri atas tiga lapisan. Membran mengandung 50% lipid dan 50% protein. Membran ini dijumpai dibagian dalam hampir semua sel (Kimball, 1998).

Membran sel mengandung molekul protein. Membran sel memiliki protein ekstrinsik (protein perifer). Dan protein intrinsik (protein integral). Protein integral yang berikatan dengan karbohidrat membentuk glikoprotein. Protein porifer berikatan dengan fosfolipid membentuk lipoprotein. Membran sel memiliki sifat semipermeabel dan selektif permeabel. Semipermeabel artinya mudah dilewati oleh molekul air. Sementara itu, selektif permeabel artinya bahwa membran hanya dapat dilewati oleh ion dan molekul polar tertentu (Karmana, 2008) 
Transportasi zat ada yang berlangsung dengan cara transportasi pasif yaitu mengikuti aliran perbedaan konsentrasi, dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Transportasi pasif tidak membutuhkan energi. Transportasi zat juga ada yang transportasi aktif, yaitu melawan aliran perbedaan konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi. Konsentrasi dalam aktif dibutuhkan energi dalam .......

File lengkap klik di sini

Special Thanks to Urip S.P




Post a Comment

 
Top