Subscribe Channel Youtube Beda Tube

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Rice transplanterSeiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang pertanian sekarang ini telah dikembangkan berbagi jenis mesin penanam yang dimaksudkan untuk membantu petani dalam memudahkan proses penanaman sehingga dapat menghasilkan kinerja efektif dan efisien dengan keuntungan yang lebih besar.

Selain proses pengolahan tanah. Proses lainnya yang cukup memerlukan biaya besar adalah penanaman. Penanaman merupakan usaha penempatan biji atau benih di dalam tanah pada kedalaman tertentu atau menyebarkan biji di atas permukaan tanah atau menanamkan di dalam tanah untuk memperoleh perkecambahan dan tegakan yang baik. Selain membutuhkan pekerja yang cukup juga teknik penanaman akan menentukan keberhasilan budidaya. Proses penanaman memerlukan tanaga kerja sekitar 20% dari keseluruhan proses budidaya tanaman. Hal ini menunjukan sangatlah diperlukan alat tanam mekanis mengingat semakin sedikitnya tenaga yang tersedia dalam bidang pertanian.

Petani yang memiliki lahan cukup luas seringkali menghadapi hambatan dalam setiap kegiatan budidaya karena keterbatasan sumberdaya terutama tenaga kerja di bidang pertanian serta didukung dengan masih rendahnya tingkat produktivitas tenaga kerja pertanian tersebut. Hal ini karena hampir sebagian besar tenaga kerja pertanian saat ini sudah memasuki usia non produktif sementara generasi muda lebih banyak terjun di sektor lain baik industri maupun sektor informal sebagai akibat dari rendahnya minat mereka untuk terjun langsung ke lahan pertanian, apalagi dengan sistem pertanian tradisional. Oleh karenanya keberadaan mesin pertanian dapat meningkatkan produktifitas dan efektifitas kerja.

B. TUJUAN PENULISAN MAKALAH

1. Mengetahui definisi dan ruang lingkup alat tanam

2. Mengetahui macam-macam alat tanam

3. Mengetahui prinsip kerja alat tanam.

C.MANFAAT PENULISAN

Adapun manfaat dalam penulisan makalah ini adalah :

Diharapkan dengan kita mempelajari alat dan mesin penanam ini para mahasiswa akan mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi alat dan mesin pertanian . 

File lengkap klik link di bawah ini
Makalah Alat Penanam
Password di sini

Post a Comment

 
Top