Subscribe Channel Youtube Beda Tube

I. PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Seni membuat gelas merupakan salah satu pencapaian yang pernah ditorehkan peradaban Islam di era keemasan. Jauh sebelum Islam ada, industri gelas telah dikembangkan peradaban Mesir, Mesopotamia dan Suriah. Namun, pada era kejayaan Islam, industri gelas tumbuh pesat di sejumlah kota Muslim.


Kemasan gelas merupakan kemasan tertua yang telah digunakan sejak 3000 SM. Pada zaman dahulu bangsa mesirlah yang manggunakan kemasan gelas. Pada zaman dahulu juga kepala anak panah menggunakan bahan sejenis gelas nyang berasal dari gunung api. Menurut pliny, pada abad permulaan bangsa venesia yang berlabuh disuatu pulau membuat api unggun (tungku perapian) yang dibuat dengan menggunakan bongkahan soda yang diletakkan diatas pasir. Pagi harinya pada sisa hasil pembakaran ditemukan kristal kaca yang diketahui sebagai hasil dari reaksi antara soda dan pasir pada suhu tinggi.

Menurut penelitian unsur yang terkandung dalam gumpalan bening tersebut adalah silika Oksida (SiO2), kalsium oksida (CaO), dan Natrium oksida (Na2O). Silika tersebut diketahui dikandung dalam pasir dalam jumlah yang banyak, sehingga orang menyatakan bahwa gelas dapat dibuat dengan mereaksikan pasir sebagai sumber silika dengan...

File lengkap klik link di bawah ini

Post a Comment

 
Top