Subscribe Channel Youtube Beda Tube
TINJAUAN PUSTAKA

Gerbang logika merupakan dasar pembentukan sistem digital. Gerbang logika beroperasi dengan bilangan Biner, sehingga disebut juga gerbang Logika Biner. Tegangan yang digunakan dalam gerbang logika adalah TINGGI atau RENDAH. Tegangan tinggi berarti "1", sedangkan tegangan rendah berarti "0". Gerbang Logika adalah komponen yang bekerja dengan bilangan "1" dan "0". "1" memiliki makna hidup atau menyala secara listrik = 2,4 V – 5 V "0" memiliki makna mati atau padam secara listrik = 0 V – 0,8 V(Duriyanto, 2008)

Gerbang OR merupakan gerbang logika yang memihak pada bilangan "1". Karena saat salah satu atau kedua bilangannya "1" maka hasilnya akan bernilai "1" (Nyala), sedangkan jika keduanya bernilai "0" maka hasilnya akan bernilai "0" (padam). Gerbang OR memiliki 2 buah atau lebih dan 1 output. Untuk membuat gerbang OR kita memakai IC SN 7432 (Kamadjaya, 2007)

NE555 disusun dari tegangan, flip-flop dan transistor untuk pengosongan. Susunan ini sangat sederhana, tetapi sangat bagus. Tiga buah resistor berada didalam dengan hubungan seri dan tegangan catu daya(Vcc) dibagi mnejadi 3. Susunan ini merupakan titik sangat menyenangkan. Dengan 1/3 tegangan catu daya dikenakan pada terminal masukkan dari...

File lengkap klik di sini

Post a Comment

 
Top